• Local Phone : 021 8690 6777 | 021 8690 6770
  • Phone : 0821 1470 6170 | 0816 1740 8891
  • Whatsapp : 0821 1470 6170
  • Email : sales@timbanganindonesia.com
Home

Mau Buka Kedai Kopi Racik? Wajib banget nih punya Alat ini

04 February 2021 07:54


Berapa banyak kopi yang saya butuhkan untuk menghasilkan XX cangkir kopi?

Saat ingin belajar meracik kopi , biasanya akan mulai muncul pikiran berapa banyak kopi yang akan di pakai dan butuh berapa banyak air untuk menyeduhnya dan banyak pertanyaan lainnya.

 apalagi jika kamu sedang mengulik dan bereksperimen meracik kopi, sambil belajar beragam metode meracik kopi dan cara menyeduhnya , demi menemukan resep racikan kopi yang cocok untuk lidah kamu. Dan untuk melakukan hal itu semua kamu harus memilki yang namanya timbangan digital.

Untuk bereksperimen meracik kopi, timbangan kopi atau coffe scale adalah alat yang wajib kamu punya. Kenapa pakai timbangan? Karena  jika ingin membuat secangkir kopi yang nikmat kita tidak bisa mengira ngira berapa banyak kopi yang akan dipakai

Menurut Matthew Marks, pemilik Forty Weight Coffee Roasters di Brooklyn, Amerika Serikat, untuk membuat kopi, Anda harus menimbang bahan-bahan campuran kopi. Untuk meracik 6 ons kopi seduh, Anda membutuhkan 11,25 gram kopi bubuk (setara 2 sendok makan) dan 3/4 cangkir air. Ini merupakan standar minimal dalam industri pembuatan kopi.

"Jika Anda menggunakan kopi bubuk terlalu banyak sementara airnya relatif standar, rasanya akan pahit dan over-extracted," jelas Marks. Sebaliknya, jika Anda menggunakan sedikit kopi bubuk, maka hasilnya hambar dan tidak nikmat.

Proses penggilingan pun mempengaruhi rasa dan aroma kopi. Jika Anda masih merasa kopi tersebut kurang beraroma, cobalah giling dengan pengaturan "finer setting" sedangkan jika terlalu kuat dan pahit, maka atur ke "coarser setting".

Simak metode meracik kopi dibawah ini.

Meracik kopi dengan metode The golden Rasio.

Apa itu The Golden Rasio?  the golden ratio adalah perbandingan/rasio yang pas antara kopi dan air agar menghasilkan hasil seduhan yang sempurna. Rasio ini dikembangkan oleh para ahlinya di SCAA (Asosiasi Specialty Coffee di Amerika), semata-mata sebagai standar untuk secangkir kopi yang dapat disebut terbaik atau umum dengan istilah The Golden Cup Standard. Menurut SCAA, golden ratio yang terbaik adalah 1:18. Ini artinya, setiap 1gr kopi, maka airnya sebanyak 18gr. Contoh: jika Anda menyeduh 55gr kopi, maka air yang dibutuhkan adalah 1000ml (gram). 

 

Jika kita kembali ke preferensi masing-masing soal menikmati kopi, mungkin kita masih menemukan beberapa penyeduh kopi yang tidak mengikuti rasio ini. Memang sah-sah saja. Namun, Anda akan menemukan bahwa rasio ini adalah rasio yang paling pas dan seimbang antara kopi dan air saat kita menyeduh.

Setelah kamu selesai membaca artikel diatas apakah sekarang kamu sudah sadar betapa pentingnya pemakaian timbangan untuk meracik kopi yang nikmat ? jika jawabannya YA maka sampai kapan kamu akan memakai metoda mengira ngira saat bereksperimen meracik kopi?.

Segera pesan timbangan kopimu untuk membantumu membuat berbagai macam varian kopi dan nikmati eksperimenmu.

Info pemesanan Timbangan kopi digital hubungi :

GSM Celuller : 0816 1740 889 (Tami)

Whatsapp : 0821 1470 6170

Email : Sales@timbanganindonesia.com

Dan kunjungi website kami : timbanganindonesia.com

 




Produk yang Terkait Artikel Mau Buka Kedai Kopi Racik? Wajib banget nih punya Alat ini

price-computing-scales-sw-ii-250x250.jpg
Weighing Scale
Detail
cas-sw-1a-weighing-scale1.jpg
SW-1A High Resolution Weighing Scale
Detail
sw-lr.jpg
SW-LR Weighing Scale
Detail
CAS-SW-1W-Trade-Approved-Scale-300x300.jpg
Water Proof & Humidity Proof SW-WR Weighing Scale
Detail