• Local Phone : 021 8690 6777 | 021 8690 6770
  • Phone : 0821 1470 6170 | 0816 1740 8891
  • Whatsapp : 0821 1470 6170
  • Email : sales@timbanganindonesia.com
Home

kalibrasi_timbangan-01.jpg

Mengapa Kalibrasi Timbangan Itu Penting?

15 June 2021 01:45


1. Apa yang dimaksud dengan kalibrasi timbangan dan mengapa saya harus menjalankan kalibrasi?

Kalibrasi timbangan sangat penting untuk memperoleh hasil penimbangan yang akurat. Mengabaikan aktivitas layanan yang penting ini akan mengubah pengukuran menjadi pekerjaan yang hanya menebak-nebak. Dengan kata lain, menimbang dengan timbangan yang tidak dikalibrasi adalah tindakan sembrono. Seiring waktu, keakuratan timbangan menjadi kurang dapat diandalkan. Hal ini sehubungan dengan keausan normal yang disebabkan oleh penggunaan rutin dan faktor eksternal seperti guncangan mekanis atau lingkungan yang berbahaya. Kondisi ini dapat mengarah pada degradasi atau penurunan kemampuan timbangan yang cukup cepat dalam waktu lebih lama. Kalibrasi timbangan yang dijadwalkan secara berkala ditambah dengan pengujian rutin yang cukup sering dilakukan akan meningkatkan masa pakai timbangan dan keakuratan penimbangannya secara signifikan.

Tapi apa yang dimaksud dengan kalibrasi? Dalam istilah sederhana, kalibrasi adalah perbandingan kuantitatif. Untuk memeriksa pembacaan timbangan, anak timbang referensi diletakkan pada pinggan. Kesalahan didefinisikan sebagai selisih antara nilai terukur (pembacaan) dan nilai sebenarnya (anak timbang referensi). Pertanyaan apakah kesalahan ini dapat dipercaya atau tidak akan dijelaskan di bawah ini. Di akhir kalibrasi timbangan, sebuah sertifikat akan diterbitkan, yang isinya melaporkan hasil pembacaan timbangan dan membandingkannya dengan nilai referensi. Toleransi yang diterapkan akan menghasilkan pernyataan Berhasil/Gagal.

 

2. Apa saja manfaat kalibrasi timbangan?


Kalibrasi, yang dilakukan oleh penyedia resmi menawarkan manfaat berikut:

  • Penghematan biaya. Peralatan yang dikalibrasi memungkinkan pengambilan keputusan yang baik, mencegah pemborosan, pengerjaan ulang, atau penarikan produk.
  • Pengukuran yang andal. Menggunakan peralatan yang dikalibrasi akan memastikan bahwa pengukuran yang dilakukan di satu tempat kompatibel dengan pengukuran yang dilakukan di tempat lain. Hasil dari setiap timbangan dalam proses tersebut akan akurat dan andal sebagaimana pada produk akhir.
  • Kesesuaian. Kalibrasi memfasilitasi pelaksanaan audit internal dan eksternal yang lancar.
  • Pendeteksian peralatan tua. Semua peralatan akan semakin usang seiring waktu dan komponen penting dapat mengalami tegangan mekanis atau keausan. Penyimpangan tidak selalu dapat dihilangkan, namun dapat dideteksi melalui kalibrasi berkala.
  • Peningkatan proses dan laba. Interpretasi hasil kalibrasi berdasarkan toleransi yang ditetapkan akan meningkatkan proses dan pada akhirnya akan meningkatkan laba.

 

3. Seberapa sering saya harus mengkalibrasi timbangan dan apa saja risikonya jika tidak menjalankan kalibrasi?

Sertifikat kalibrasi melaporkan hasil pada saat kalibrasi dijalankan. Dalam banyak kasus, orang yang bertanggung jawab akan berasumsi bahwa kalibrasi valid selama setahun. Hal ini mengarah ke kesimpulan yang salah bahwa interval kalibrasi selama satu tahun sudah cukup.

Sebaiknya interval kalibrasi ditentukan berdasarkan metodologi berbasis risiko, misalnya seberapa besar kemungkinan terjadi sesuatu yang salah dan seberapa tinggi dampak yang dihasilkan? Dampak dan kemungkinan yang tinggi berkaitan dengan risiko yang juga tinggi, sehingga memerlukan interval kalibrasi yang lebih singkat. Sebaliknya, dampak dan kemungkinan yang rendah akan mengarah pada risiko yang juga rendah, sehingga memungkinkan interval diperpanjang.

Tidak menjalankan kalibrasi adalah strategi yang sangat berisiko tinggi. Biaya dan risiko tersembunyi yang berkaitan dengan timbangan yang tidak dikalibrasi bisa jadi jauh lebih tinggi daripada biaya kalibrasi itu sendiri. Menggunakan peralatan yang tidak dikalibrasi dapat menyebabkan masalah produksi seperti:

  • waktu henti operasional yang tidak terduga
  • kualitas produk rendah
  • masalah proses dan audit
  • pengerjaan ulang dan penarikan produk

Perubahan lingkungan juga dapat mengarah ke penyimpangan yang tak terdeteksi atau meningkatnya kesalahan acak yang menurunkan performa. Kalibrasi yang dijadwalkan secara berkala beserta pengujian rutin (lihat di bawah ini) adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko yang berkaitan dengan kalibrasi




Produk yang Terkait Artikel Mengapa Kalibrasi Timbangan Itu Penting?