• Local Phone : 021 8690 6777 | 021 8690 6770
  • Phone : 0821 1470 6170 | 0816 1740 8891
  • Whatsapp : 0821 1470 6170
  • Email : sales@timbanganindonesia.com
Home

timb_ternak-013.jpg

Tips Sebelum Membeli Timbangan Hewan

02 August 2021 01:18


Dalam Timbangan hewan ternak tentunya berbeda dengan menimbangan barang. Karena dalam menimbang barang tidak akan terjadi pergerakan benda yang ditimbang, sementara dalam menimbang hewan ternak rasanya jarang sekali mendapati ternak yang diam 100%. Dan karenanya Timbangan Hewan untuk ternak berbeda dengan timbangan untuk benda mati.


Dalam Timbangan Ternak dikenal istilah LiveWeighing atau Animal Scales dimana fungsi ini kemudian diterjemahkan sebagai fungsi Hold baik Manual Hold maupun Automatic Hold. Secara harfiah, fungsi Hold ini akan “menahan” atau “mengunci” berat ternak yang ditimbang sehingga nilai berat tersebut tidak berubah ketika ternak tersebut bergerak.

Sehingga pernah ada farm yang “memaksakan diri” menggunakan static weighing untuk timbangan ternaknya, efeknya selain kinerja menjadi lebih lama (karena harus menunggu posisi ternak nyaris diam), juga ketika penjualan ternak seringkali terjadi perdebatan antara petugas penimbang dengan customer dikarenakan pencatatan berat yang selalu berubah karena ternak yang tidak mau diam.
Berikut ini tips ketika kita akan membeli Timbangan Hewan, selain tentunya kualitas menjadi faktor utama:
Perhatikan Membeli ke produsen Karena dengan membeli ke produsen yang terpercaya anda akan aman dengan semua hal tentang timbangan hewan, mulai dari bagaimana cara mengkalibrasi, perawatan dan lainnya. Bila membeli ke distributor pastikan lananan purna jual. tapi lebih baik anda membeli langsung ke produsen timbangan hewan tersebut.

Pastikan layanan purna jual

Pastikan layanan purna jual untuk perawatan maupun perbaikan, karena timbangan adalah aset alat ukur yang diperlukan untuk menghasilkan parameter dalam industri peternakan.

Sesuaikan Dana
Bervariasinya produk timbangan hewan menuntut kita untuk jeli dalam memilih. Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan (bukan keinginan) tanpa melupakan rencana pengembangan kedepan, sehingga investasi yang dikeluarkan bermanfaat untuk jangka panjang.

Tentukan kapasitas hewan ternak yang akan anda timbang

Pernah terjadi di salah satu peternak sapi bahwa timbangan yang dibelinya hanya berkapasitas 2ton (2.000Kg), padahal rumah tempat penimbangan hewan ternak, timbangannya sendiri beratnya rata-rata 1000kg, dan berat sapi rata lebih dari 500Kg. Sepintas masalah tersebut tidak akan terlihat karena pada setiap digital indicator dilengkapi dengan Zero Function, tapi ketika dituntut berkenaan dengan kualitas bahan baku LoadCell yang tentunya berdeda untuk setiap besaran kapasitas, masalah mulai muncul. Tentukan kapasitas dan resolusi timbangan serta parameter lainnya sesuai kebutuhan.




Produk yang Terkait Artikel Tips Sebelum Membeli Timbangan Hewan

Timbangan_Ternak_Manual_model_pintu_pagar.png
Jual Timbangan Ternak Manual model pintu pagar
Detail
Timbangan_Hewan_tanpa_kerangkeng.png
Jual Timbangan Hewan Tanpa Kerangkeng
Detail
Timbangan_Hewan_Portable.png
Jual Timbangan Hewan Portable
Detail
Timbangan_Hewan_dengan_kerangkeng.png
Jual Timbangan Hewan Dengan Kerangkeng
Detail