• Local Phone : 021 8690 6777 | 021 8690 6770
  • Phone : 0821 1470 6170 | 0816 1740 8891
  • Whatsapp : 0821 1470 6170
  • Email : sales@timbanganindonesia.com
Home

Desain_tanpa_judul_(1).png

Beberapa Jenis Sensor Berat Loadcell Pada Timbangan Digital

17 November 2022 03:36


Timbanganindonesia-Dalam dunia industri pastinya selalu dilengkapi dengan alat bersensor yang dapat memudahkan para pekerja, sensor pada alat tersebut berfungsi sebagai pemberi sinyal masukan yang nantinya akan di proses oleh alat tersebut.

Fungsi Sensor Berat

Seperti, Sensor berat pada timbangan berguna untuk mendeteksi massa atau berat pada suatu benda ketika sedang melakukan penimbangan. Alat yang digunakan sebagai sensor berat adalah LoadcellLoad cell mampu menahan beban hingga ratusan kilogram menjadikan kelebihan sehingga digunakan sebagai sensor berat pada beberapa timbangan Industri.

Perangkat ini berupa transduser yang mampu mengubah gaya mekanik menjadi sinyal elektrik. Setiap proses pengujian atau pengukuran menerima data dari sensor (strain gauge) yang dipasang kemudian diubah menjadi sinyal elektrik. Strain gauge ini merupakan sensor yang dipasang di dalam load cell, fungsinya untuk mengukur regangan pada objek yang diuji. Strain gauge menjadi bagian yang sangat penting pada Loadcell, biasanya strain gauge digunakan untuk pengukuran tekanan, torsi, presisi gaya, berat, peregangan dan sifat mekanis lainnya.

Beberapa Jenis yang Dimiliki Sensor Berat


Load Cell Shear Beam
2014-01-24_112351.jpg

Shear Beam sensor merupakan sensor beban yang paling banyak digunakan pada peralatan yang berhubungan dengan berat barang. Sensor ini digunakan untuk timbangan lantai, timbangan duduk, dll. Shear beam dapat mendukung berat hingga 10 ton.


Load Cell Single Point
PT1000_Single_Point1.jpg

Sensor ini hampir Shear Beam, bedanya sensor Single Point Loadcell memiliki rongga di tengahnya dan hanya memiliki satu titik, sensor ini hanya bisa diletakkan di satu tempat saja. Sebab, sensor tersebut memiliki kapasitas yang kecil dan beratnya hanya 100 kg. Sensor ini digunakan pada timbangan portable atau timbangan counting.
Loadcell Tension / S beam
TensionS-Beam_Load_Cells.jpg

Karena sensor ini memiliki bentuk khusus berupa huruf S, maka sensor ini disebut load cell S beam.Timbangan ini memiliki dua fungsi untuk membaca berat benda yaitu tarik atau dorong. Sensor ini digunakan untuk timbangan digital terutama dengan jenis timbangan gantung (crane scale). Kapasitas penanganan dari load cell ini bisa mencapai ±5000 ton.

 

Load Cell Compression
HPC_-_IP67_sealed1.jpg

Sensor berat ini digunakan pada jembatan timbang. Sensor Compression loadcell memiliki kapasitas besar dan dapat mendukung hingga 100 ton. Tanpa timbangan ini, timbangan digital tidak dapat berfungsi karena alat ini merupakan bagian utama timbangan. Umumnya load cell jenis ini digunakan untuk menguji beban truk, Cara menggunakannya adalah dengan memberikan gaya tekan pada bagian atasnya. Cocok digunakan di dunia industri.

 

Load Cell Double Ended

Load Cell Double Ended ini juga digunakan pada jembatan timbang. Untuk menggunakannya, tekan bagian tengah sel. Pada setiap Loadcell pasti terdapat sensor yang berperan untuk memberikan sinyal listrik atau informasi yang diperoleh dengan mengukur beban objek atau objek yang ditimbang. Nantinya, data ini diubah menjadi data grafis di komputer yang nantinya bisa dianalisa.

Untuk informasi lengkap tentang sensor berat, anda dapat menghubungi customer service kami baik melalui telepon maupun email. Kami akan senang sekali dapat membantu permasalahan anda terkait dengan Sensor berat ini.

Kami menjual Loadcell yang berkualitas dengan harga terjangkau. Dapatkan segera loadcell terbaik dari kami dengan menghubungi :

Local Phone : 021 8690 6777

Whatsapp : 0821 1470 6170

Email : sales@timbanganindonesia.com




Produk yang Terkait Artikel Beberapa Jenis Sensor Berat Loadcell Pada Timbangan Digital